bmmpxlgjeud1Hay apa kabar semuanya… aku mau cerita lagi tentang UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) yang aku ikuti. Kebetulan tanggal 29 – 30 Oktober lalu mengadakan acara SCIENCE 1 ( Makrab anggota baru VSC 2016 ). Selama mengikuti kegiatan SCIENCE 1, aku dan teman-teman merasa senang dalam mengikuti setiap kegiatannya, mulai dari Talkshow oleh pembicara yang berkualitas, Ice breaking, Pentas Seni, Outbond, Travelling, pokoknya komplit deh senangnya, ditambah lagi makanannya.. Wuueennak tenan hehehe.

Selama mengikuti kegiatan karantina.. ciyelah kayak Miss Universe aja karantina.. hehe, kita dikenalkan mengenai nilai-nilai Ke”VSC”an , mulai dari sejarah berdirinya VSC, Program kerja VSC, lalu ada materi tentang Multidimensi Mahasiswa, Motivation Letter, dsb. Sebelumnya pasti pada kepo kan tentang apa itu VSC. Okelah sebelum beranjak ke hunungan yang lebih dalam.. hehe.. kok jadi baper, aku akan beritahu dulu apa itu VSC.. cekidott…

Mengenal lebih dalam apa itu VSC ( Veterinary Science Community ) FKH UGM

Eksistensi keberlanjutan dari dinamika perubahan yang terjadi di negeri ini membawa angin segar bagi keberlangsungan berbagai gerakan mahasiswa yang concern terhadap arus perubahan. Banyak paradigma yang berkembang berdasarkan realita yang terjadi mahasiswa dikatakan sebagai agent of change (agen perubahan). Perubahan yang tidak sekedar merubah diri sendiri, tetapi merubah wajah Indonesia di dunia.

Peneliti atau ilmuan, mungkin suatu yang asing di telinga kita, tetapi peneliti adalah ujung tombak dari perubahan peradaban di suatu bangsa. Bangsa eropa dan amerika berjaya karena kemajuan ilmu pengetahuan dan tenologi, itu semua karena sangat pesatnya penelitian yang dilakukan oleh ilmuan disana. Jika Indonesia menginginkan kemajuan maka haruslah ada yang berfikir dan bekerja pada ranah ini baik dilembaga penelitian, kajian dan universitas. Di tingkat mahasiswa penelitian menjadi suatu hal yang wajib dilakukan untuk mencapai gelar sarjana. Untuk itu maka diperlukan adanya wadah kegiatan mahasiswa yang mengarahkan pada kegiatan kajian dan penelitian.

Veterinary science community (VSC) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di FKH UGM yang bergerak dibidang riset, kajian dan penelitian mahasiswa. VSC diharapkan mampu untuk menampung bakat dan minat mahasiswa dibidang penelitian. Tidak hanya dibidang penelitian, VSC diharapkan mampu meningkatkan prestasi FKH UGM dalam Kompetisi penelitian yang diadakan oleh dikti, kemenpora, kemenristek dan kompetisi lainnya.

Jika kawan-kawan mempunyai minat dalam bidang ini, tidak salah jika bergabung dengan kami di Veterinary science community (VSC) sebagai salah satu jembatan untuk menjadi seorang peneliti bidang kedokteran hewan yang handal.

Nah.. gimana ?? sudah pada tahu kan apa itu VSC, aku pun sempat bingung mau gabung di VSC atau tidak, karena awalnya bayanganku VSC itu UKM yang khusus untuk mahasiswa Jenius, Pintar, IPK Cumlaude, Kutu Buku, dsb. Tetapi karena niat saya ikut VSC untuk belajar, ya saya jalani aja, karena sejak SMP saya memang suka dengan yang namanya “Penelitian” jadi ya ikutan VSC buat ngembangin itu Semua. Oh ya mau berbagi pengalaman lagi, waktu itu kami melaksanakan SCIENCE 1 di Desa Piyungan, KAB. Bantul – Yogyakarta, kami berangkat bersama-sama menggunakan sepeda motor. Kami berangkat pukul 10.15 dari FKH UGM, dan sampai disana lebih kurang pukul 11. Kegiatan yang paling saya sukai di SCIENCE ada banyak, mulai dari pemberian Materi, Talkshow, dan Mendaki gunung. Jadi Outboundnya kita itu mendaki gunung, rasanya itu capek pakek banget deh pokoknya, udah jalannya menanjak, lupa bawa air minum, sempat kebelet buang air kecil juga..wkwk.. tetapi waktu sampai diatas puncak, semua itu terbayar dengan keindahan Bukit Piyungan, sumpah indah banget, ditambah lagi kita foto bersama anggota VSC, dan moment itulah yang membuat saya semakin senang dan bangga menjadi anggota VSC, aku kira cukup sekian aja ceritaku kali ini, kalau ingin cerita tentang kehidupanku di Yogyakarta.. ikuti terus di Postingan selanjutnya ya

Salam VSC, SALAM KPK !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.