Kamu baru saja mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik dan ingin mengundurkan diri alias resign dari tempat kerja lama? Tentunya kamu membutuhkan surat pengunduran dirialias surat resign. Walaupun hanya selembar surat, surat ini sangat penting untuk kepentingan karier kamu. Artikel ini akan menunjukkan beberapa contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan lama kamu.

Walaupun misalnya pekerjaan kamu selanjutnya lebih baik, dan lebih besar gajinya, kamu nggak boleh semena-mena ninggalin kantor gitu aja. Kebayang kan, kalau kamu ngundurin diri dari perusahaan tanpa surat? Pasti pihak perusahaan akan kecewa. Kalau sudah seperti itu, nama kamu akan jelek di mata perusahaan. Surat pengunduran diri yang kamu buat, akan berguna agar kamu tetap menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan tersebut. Itulah manfaat untuk kamu ke depannya.

Surat pengunduran diri pun harus dibuat dengan sopan dan jelas. Sopan di sini berarti baik secara kata-katanya, dan jelas alasan serta tujuan surat tersebut. Kalau masih bingung mengenai surat pengunduruan diri yang baik, berikut contohnya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1

Bantaeng, 25 Januari 2015

Kepada

Yth. ManagerHRD

advertisement

PT Satria One Sejahtera

Jl. Elang 45

Bantaeng

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Agus Salim, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Satria One Sejahtera sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 25 januari 2015.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Satria One Sejahtera, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Satria One Sejahtera jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT Satria One Sejahtera dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Agus Salim

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2

Jakarta, 1 Februari 2015

Kepada Yth,

Manager PT Antam Tbk.

Jl. Letjen. TB. Simatupang No. 1

Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

 

Melalui surat ini, saya sebagai Marketing Manager PT Antam Tbk., berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Multika hajrah

Departemen     : PT. Antam Tbk.

Jabatan            : Marketing Manager

No. Karyawan : 0678932

 

Bermaksud mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Antam Tbk. karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Saya harap perusahaan memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri, terima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Multika Hajrah

 

Bagian paling penting adalah, surat pengunduran diri harus berisi alasan yang ringkas tetapi jelas, isinya nggak bertele-tele dan menyampaikan rasa terimakasih kepada perusahaan tersebut.

Sudah ada gambaran dong, mau buat surat pengunduran diri dengan model yang mana? Kedua contoh tersebut sudah sangat membantu, bukan? Berikut ini ada contoh lagi, supaya kamu nggak bingung harus milih kata-kata yang sopan seperti apa dan format penulisan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.